nusakini.com - Klub-klub La Liga mendapat izin untuk bisa kembali menggelar sesi latihan asalkan tetap mematuhi protokol terkait virus corona yang ditetapkan oleh pemerintah Spanyol.

Keputusan tersebut dibuat setelah rapat pada Minggu (19/4) kemarin, antara Dewan Olahraga Nasional Spanyol (CSD), Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) dan La Liga.

Tujuannya adalah untuk memunculkan lampu hijau bagi para pemain untuk berlatih bersama klub masing-masing dengan tunduk pada aturan terkait pandemi COVID-19 "dan keputusan yang diterapkan oleh Departemen Kesehatan", tulis CSD melalui sebuah pernyataan.

Sesi latihan akan digelar di bawah protokol ketat dan hanya selama situasi memungkinkan, kata CSD.

Sebelumnya ada pandangan untuk menggelar kembali musim 2019/20 pada Juni, meski pun CSD tidak mengonfirmasi secara spesifik soal tanggal klub-klub boleh kembali berlatih atau menggelar pertandingan.

Selain itu, RFEF dan La Liga telah sepakat untuk menyisihkan pendapatan dari hak siar TV untuk mengumpulkan dana darurat bagi olahraga federal, Olimpiade dan Paralimpiade yang sangat terguncang dengan adanya pandemi COVID-19.

Luis Rubiales dan Javier Tebas, presiden RFEF dan La Liga, juga meneken komitmen untuk menggalang dana darurat sebesar €10 juta guna membantu para atlet yang rentan. (gi/om)